RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah
|
:
………………………………
|
Mata Pelajaran
|
: Seni Budaya
Dan Keterampilan
|
Kelas/Semester
|
: III (tiga)/I
(satu)
|
Pertemuan Ke
|
: 1
|
Alokasi Waktu
|
: 2 x 35’
|
Standar Kompetensi
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
Kompetensi Dasar
|
Menjelaskan symbol dalam karya seni rupa dua dimensi
|
I.
Tujuan Pembelajaran
|
· Siswa dapat
mengidentifikasi simbol dalam karya seni rupa dengan disiplin (NK: Disiplin ( Discipline ))
· Siswa dapat
menjelaskan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi dengan teliti ( carefulness) (NK: Ketelitian ( carefulness))
· Siswa dapat
menentukan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi dengan percaya
diri (NK: percaya diri (Confidence )
· Siswa dapat
membedakan simbol dalam karya seni
rupa dua dimensi
|
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
II.
Materi Ajar
|
Simbol seni rupa dua dimensi
Unsur-unsur
dasar karya seni rupa adalah unsur-unsur yang digunakan untuk mewujudkan
sebuah karya seni rupa. Unsur-unsur itu terdiri dari :
1. Titik /Bintik
Titik/bintik merupakan unsur dasar seni rupa yang terkecil. Semua wujud dihasilkan mulai dari titik. Titik dapat pula menjadi pusat perhatian, bila berkumpul atau berwarna beda.Titik yang membesar biasa disebut bintik.
2. Garis
Garis adalah goresan atau batas limit dari suatu benda, ruang, bidang, warna, texture, dan lainnya. Garis mempunyai dimensi memanjang dan mempunyai arah tertentu, garis mempunyai berbagai sifat, seperti pendek, panjang, lurus, tipis, vertikal, horizontal, melengkung, berombak, halus, tebal, miring, patah-patah, dan masih banyak lagi sifat-sifat yang lain. Kesan lain dari garis ialah dapat memberikan kesan gerak, ide, simbol, dan kode-kode tertentu, dan lain sebagainya. Pemanfaatan garis dalam desain diterapkan guna mencapai kesan tertentu, seperti untuk menciptakan kesan kekar, kuat simpel, megah ataupun juga agung. Beberapa contoh symbol ekspresi garis serta kesan yang ditimbulkannya, dan tentu saja dalam penerapannya nanti disesuaikan dengan warna-warnanya
3. Bidang
Bidang dalam seni rupa merupakan salah satu unsur seni rupa yang terbentuk dari hubungan beberapa garis. Bidang dibatasi kontur dan merupakan 2 dimensi, menyatakan permukaan, dan memiliki ukuran Bidang dasar dalam seni rupa antara lain, bidang segitiga, segiempat, trapesium, lingkaran, oval, dan segi banyak lainnya
4. Bentuk
Bentuk dalam pengertian bahasa, dapat berarti bangun (shape) atau bentuk plastis (form). Bangun (shape) ialah bentuk benda yang polos, seperti yang terlihat oleh mata, sekedar untuk menyebut sifatnya yang bulat, persegi, ornamental, tak teratur dan sebagainya. Sedang bentuk plastis ialah bentuk benda yang terlihat dan terasa karena adanya unsur nilai (value) dari benda tersebut, contohnya lemari. Lemari hadir di dalam suatu ruangan bukan hanya sekedar kotak persegi empat, akan tetapi mempunyai nilai dan peran yang lainnya. Bentuk atau bangun terdiri dari bentuk dua dimensi (pola) dan bentuk tiga dimensi. Bentuk dua dimensi dibuat dalam bidang datar dengan batas garis yang disebut kontur. Bentuk-bentuk itu antara lain segitiga, segi empat, trapezium dan lingkaran. Sedang bentuk tiga dimensi dibatasi oleh ruang yang mengelilinginya dan bentuk-bentuk itu antara lain limas, prisma, kerucut, dan silinder. Sifat atau karakteristik dari tiap bentuk dapat memberikan kesankesan tersendiri seperti :
Bentuk teratur
kubus dan persegi, baik dalam dua atau tiga dimensi memberi kesan statis,
stabil, dan formal. Bila menjulang tinggi sifatnya agung dan stabil.
Bentuk lengkung
bulat atau bola memberi kesan dinamis, labil dan bergerak.
Bentuk segitiga
runcing memberi kesan aktif, energik, tajam, dan mengarah.
|
III.
Metode Pembelajaran
|
- Mengerjakan soal uji kompetensi
|
IV.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
|
☺ Kegiatan Awal
1.
Apersepsi
2.
Salam pembuka
3.
Mengabsen siswa
4.
Mempersiapkan alat-alat yang diperlukan
5.
Menayangkan film dokumenter karya seni rupa
|
☺
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ -Memberikan penjelasan tentang karya dalam film tersebut di atas
§ -Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan
guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dengan disiplin (NK: Disiplin
( Discipline ))
§ -Melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§ -Memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-Memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya
-Menonton dan mengamati
karya seni rupa
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
-Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
|
☺ Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru
-Tugas menceritakan kembali simbol-simbol dalam karya senii rupa dua
dimensi
|
V.
Sumber/Alat/Bahan
|
|
VI.
Penilaian
|
☺ Aspek yang dinilai
- Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama,
keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada
lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan
melaporkan hasil praktikum.
- Aspek
kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang
dilontarkan guru pada saat test lisan.
|
☺ Bentuk penilaian
a. Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam
bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan.
b. Unjuk kerja : melakukan kegiatan diskusi.
c. Produk (hasil kerja) : laporan tertulis dari
tugas.
|
☺ Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
·
Mengelompokkan
berbagai jenis simbul dari ragam hias pada karya seni rupa di lingkungan
sekitar. dengan disiplin (NK: Disiplin ( Discipline ))
· mengelompokkan
berbagai jenis perpaduan symbol rupa berdasarkan unsure-unsur rupa pada karya
seni rupa.
|
Tes tertulis
|
Unjuk kerja
|
Jelaskan symbol dalam karya
seni rupa dua dimensi
|
· menjelaskan makna
perpaduan berbagai symbol unsure-unsur rupa pada karya seni rupa.
· membuat tulisan
tentang perasaannya atas berbagai makna symbol karya seni rupa.
· menyampaikan secara
lesan tentang cerminan perasaannya atas berbagai makna symbol pada karya seni
rupa.
|
Tes tertulis
|
Unjuk kerja
|
Jelaskan makna
perpaduan berbagai symbol unsure-unsur rupa pada karya seni rupa.
|
·
menjelaskan berbagai makna symbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa dua dimensi
dan tiga dimensi di lingkungan sekitar.
· membuat tulisan
tentang perasaannya atas berbagai jenis simbol warna dan ragam hias pada
karya seni rupa. dengan disiplin (NK: Disiplin ( Discipline ))
· menyampaikan secara
lisan tentang perasaannya terhadap berbagai makna symbol warna
dan ragam hias pada karya seni rupa.
|
Lesan, praktek.
|
praktek
|
Buatkan tulisan
tentang perasaannya atas berbagai jenis simbol warna dan ragam hias pada
karya seni rupa.
|
· Mengelompokkan
berbagai jenis simbul dari ragam hias pada karya seni rupa di lingkungan
sekitar.
· mengelompokkan
berbagai jenis perpaduan symbol rupa berdasarkan unsure-unsur rupa pada karya
seni rupa.
|
Tes tertulis
|
Unjuk kerja
|
Jelaskan symbol dalam karya seni rupa dua dimensi
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa
yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP/NIK : NIP/NIK :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar