Rabu, 08 Agustus 2012

BUNGA DARI SEDOTAN


Begitu banyak dan beraneka ragam bunga cantik yang ada di sekitar kita dan telah banyak memberikan inspirasi bagi banyak orang. Bunga merupakan dambaan setiap wanita dan bunga adalah keindahan yang terdapat pada diri seorang wanita.
Akan tetapi keindahan pada bunga tak dapat bertahan hingga lama, bunga-bunga cantik itu akan layu dan kemudian saling berguguran. Tetapi kita dapat membuat bunga-bunga tiruan yang tak kalah cantik dengan bunga alami, selain awet kita tak perlu memberikan perawatan yang khusus seperti halnya pada bunga alami.
Keindahan dan kecantikan bunga-bunga itu telah menginspirasikan penulis menorehkan tulisan untuk menyelesaikan tugas mata kuliah seni rupa dan ketrampilan SD di semester 3 ini. Bunga-bunga cantik dari sedotan ini memang layak untuk di pamerkan. Sedotan yang sering kita gunakan untuk menikmati minuman dingin atau juice dapat kita manfaatkan sebagai bahan pembuat bunga, meskipun sedotan yang digunakan untuk membuat bunga memiliki karakteristik khusus (warna lebih beraneka ragam, lebih lunak, berdiameter lebih besar) yang dapat diperoleh di toko alsesoris bunga.
Meskipun terbilang lebih mudah, namun pada dasarnya pembuatan bunga dari sedotan tetap memerlukan ketelatenan dan juga kerapihan dalam merangkainya. Terlebih bunga itu memiliki tingkat kerumitan yang cukup sulit, hal ini benar-benar diperlukan ketelatenan dan kecermatan dalam membuat pola dan bentuk bunga.
Sebelum memulai membuat bunga dari sedotan, sebaiknya kita harus mengetahui persis bagaimana bentuk detailnya dari bunga yang akan kita buat. Jika akan membuat bunga dari sedotan supaya tampak mirip dengan aslinya, kita dapat melihat secara langsung bunga yang asli dan segera buat pola sesuai dengan pengamatan kita.
Sedikit uraian dari bagian Bunga dari sedotan ini, semoga bermanfaat untuk para guru dan calon guru khususnya, serta masyarakat luas pada umumnya


Alat dan Bahan
Alat utama yang digunakan adalah gunting, jarum berukuran besar, alat serut, dan juga tang yang digunakan sebagai pemilin kawat. Sedang bahan dasar yang digunakan adalah sedotan.
Untuk menunjang kelengkapan dan kesempurnaan dari bunga dibutuhkan beberapa bahan tambahan, yang tersedia di toko-toko bunga hias atau aksesori. Bahan yang dibutuhkan selain bahan dasar yakni aneka kelopak bunga, daun dan tangkai, serta putik dan  benang sari yang telah siap pakai (langsung dapat dirangkai).








 

1 komentar: